Toyota Hadirkan New Hiace dan New Dyna Untuk Segmen Niaga

Pinterest LinkedIn Tumblr +

PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara bersamaan menghadirkan New Hiace dan New Dyna untuk memenuhi kebutuhan di sektor komersial dan mendorong roda perekonomian nasional.

Kedua produk ini sekaligus menyambut era baru aplikasi standar emisi EURO 4 untuk mesin diesel yang mulai berlaku pada April 2022 serta pelaksanaan aturan ODOL (Over Dimension & Over Loading) untuk kendaraan pengangkut barang sehingga pelanggan fleet dapat memanfaatkan keduanya secara optimal dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Sebagai kendaraan komersial dengan ‘jam terbang tinggi’, Toyota pun meningkatkan kinerja mesin diesel pada Hiace Commuter dengan memasang mesin 1KD-FTV 2.982 cc bertenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 300 hp pada 1.200 – 2.400 rpm, disalurkan melalui transmisi manual yang siap mengangkut penumpang di segala medan jalan, meningkatkan kualitas berkendara, serta membuat Hiace Commuter lebih efisien dalam mengolah bahan bakar. Ditambah, mesin diesel Hiace juga sudah memenuhi standar Euro4.

Sentuhan baru pada Hiace Commuter 16-seater mencakup tampilan eksterior, yaitu New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, serta pilihan warna Silver Metallic dan White. Untuk memudahkan parkir, didukung dengan New Parking Sensor. Terdapat juga tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports untuk memastikan seluruh penumpang memperoleh akses charging baterai smartphone. Hiace Commuter juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai safety features.

Model tertingginya Hiace Premio tetap mengandalkan mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4 silinder VNT Intercooler bertenaga 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 419 Nm pada 1.400 – 2.600 rpm. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-speed yang sudah terbukti ketangguhannya sejak 2019. Dan sekarang mesin diesel ini juga telah memenuhi aturan emisi EURO 4.

Desain luar Hiace Premio yang modern dan berkelas juga mendapatkan tambahan New Parking Sensor. Sementara fiturnya kini dilengkapi dengan USB Charging sebanyak 4 ports, New Parking Camera, dan Display Audio AVX 7 Inch guna memenuhi kebutuhan hiburan seluruh penumpang. Sebagai model paling mewah dengan menawarkan kenyamanan kabin, Hiace Premio memiliki 10 Rear Seat Number and Arrangement untuk memastikan seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan dengan tenang.

Selain itu, untuk New Dyna kini hadir dengan line-up baru melalui 3 tipe yaitu 115 ST 4×2 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO).

Power Take Off (PTO) adalah fitur yang menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck.

Bersamaan dengan pelaksanaan aturan standar emisi EURO 4 untuk diesel engine, Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc yang ramah lingkungan dan memiliki tenaga dan torsi lebih besar, serta lebih efisien. Tercatat, tenaga yang dihasilkan mencapai 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 36 Kgm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya mencapai 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih memanfaatkan transmisi manual 5-speed, sedangkan 136 Series memanfaatkan transmisi manual 6-speed baru.

Penggunaan dapur pacu baru juga sebagai upaya untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kemampuan New Dyna dalam membawa barang sesuai regulasi Zero ODOL (Over Dimension & Over Loading). Pada 115 Series, GVW meningkat dari 5,2 Ton menjadi 5,4 Ton, sementara pada 136 Series, GVW meningkat dari 8,25 Ton menjadi 8,6 Ton.

Tidak hanya pada mesin, improvement juga dilakukan pada beberapa detail eksterior diantaranya adalah More Tough Look Design pada bumper dan grille depan, desain baru pada lampu utama dan panel bodi depan, logo Toyota yang lebih besar, New Design with White Color Lens Foglamp, dudukan spion samping sewarna bodi, grade sticker dan stiker EURO 4 sebagai penanda sudah sesuai regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah. New Dyna hadir dengan warna bodi ikonik yaitu Red.

Masuk kebagian dalam, warna kabin lebih gelap agar tampil lebih gagah . Termasuk beberapa sentuhan ringan seperti desain terkini blower AC ditambah boost ventilator, desain baru pada center cluster dan mobile stand, lokasi laci penyimpanan baru di bawah dashboard, serta seat cover yang kini berwarna dark brown dengan pola desain anyar.

 

Share.

Leave A Reply