Inilah Spesifikasi Lengkap Hyundai IONIQ 5 Rakitan Dalam Negeri

Pinterest LinkedIn Tumblr +

PT Hyundai Motors Indonesia resmi luncurkan  IONIQ 5, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Kehadiran IONIQ 5 ini menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Ini rangkumannya. IONIQ 5 menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

IONIQ 5 memiliki tampilan progresif dan merepresentasikan desain futuristik dari sisi depan  yang dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED. Selain itu, kap mesin tipe clamshell membuat IONIQ 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

Handle pintu IONIQ 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci. Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature. Desain dinamis juga ditunjukkan lewat konsep Parametric Dynamics, yaitu sebuah desain garis yang seakan membuat pintu baris pertama menyatu dengan pintu baris kedua.

Desain parametrik juga ditonjolkan pada velg alloy berdiameter 20 inci, menjadikannya mobil listrik Hyundai dengan dimensi roda terbesar dan unik. Arsitektur E-GMP yang disematkan pada IONIQ 5 juga membuat model ini memiliki wheelbase paling panjang dibandingkan lini produk EV dan SUV Hyundai manapun.

Interior IONIQ 5 mengusung material jok yang terbuat dari botol PET daur ulang. Untuk setiap IONIQ 5, setidaknya ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik. Detail pada pintu IONIQ 5 terbuat dari 100% kertas HDPE yang dapat didaur ulang, kertas ini memiliki tekstur ringan yang sama dengan kertas tradisional Korea. Pintu serta bantalan benturan atau crash pad dari IONIQ 5 dicat dengan cat berbahan alami mengandung minyak yang diekstrak dari tanaman seperti bunga lobak dan jagung. Tak hanya itu, cover kursi IONIQ 5 menggunakan kain campuran wol yang ramah lingkungan.

Konsol tengah dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, kursi depan yang dapat disesuaikan dan direbahkan sepenuhnya, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

Saat melihat ke sisi atas, keleluasaan dan keterbukaan ruang kabin IONIQ 5 akan semakin terasa dengan adanya Vision Roof, panel kaca besar yang memberikan pemandangan luas ke langit untuk penumpang di baris depan hingga baris belakang.

Rasa nyaman dan kemewahan terbaik untuk kursi di baris depan juga semakin terasa berkat adanya fitur Premium Relaxation Seat, yaitu fitur yang akan menyesuaikan posisi bantalan kursi, sudut sandaran kursi, dan penyangga kaki, ke pengaturan relaksasi yang optimal. Nuansa kemewahan saat bersantai juga semakin terasa karena IONIQ 5 memiliki LED ambient mood lighting dan BOSE Premium Sound System dengan 8 speakers.

Sedangkan untuk kebutuhan infotainment dan konektivitas lain yang juga dimiliki oleh IONIQ 5 adalah 12.3-inch Full TFT LCD Touch Audio Display yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan kabel USB melalui USB multimedia port yang tersedia.

Untuk pengalaman berkendara, IONIQ 5 juga dilengkapi dengan regenerative braking system, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi. Pada IONIQ 5, sistem ini dapat digunakan untuk membuat mobil berhenti secara sempurna menggunakan dua fitur khusus, yaitu i-Pedal dan Paddle Shifters.

i-Pedal adalah fitur yang memberikan kontrol kecepatan kendaraan yang meliputi akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan hanya dengan memodulasi pedal akselerasi dan tanpa harus menggunakan paddle shifter secara manual. Di sisi lain, Paddle Shifter memungkinkan pengemudi untuk mengatur tingkat pengereman regeneratif pada saat melakukan deselerasi dengan pilihan dari level 0 ke level 3, di mana semakin tinggi angka pengereman regeneratif, semakin kuat pula pengurangan kecepatannya.

IONIQ 5 memiliki tiga mode berkendara, yaitu mode Normal, Sport, dan Eco. Mode berkendara ini juga akan mempengaruhi tampilan layar pada 12.3-inch Full TFT LCD instrument cluster yang terlihat menyatu dengan head unit. Tampilan instrument cluster tersebut juga dapat disesuaikan dengan kondisi waktu berkendara, yaitu warna tampilan akan berubah menjadi putih atau cerah apabila berada di mode berkendara siang hari atau Day Mode, dan berubah menjadi gelap di mode berkendara malam hari atau Night Mode.

Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat IONIQ 5 melaju dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik.

IONIQ 5 juga memiliki jarak tempuh yang mengagumkan. IONIQ 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 KM bila baterai mobil sedang terisi penuh. Tidak hanya sampai di situ, IONIQ 5 tipe Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, di mana tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 KM dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 KM (berdasarkan WLTP[1]).

IONIQ 5 membutuhkan waktu 5 jam (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 6 jam (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 100% menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger. Kemudian, EV ini membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW.

Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe IONIQ 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Selain itu, IONIQ 5 memiliki fitur Vehicle-to-Load atau V2L, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya memperoleh daya listrik mobil sebesar 3,6 kW yang dapat digunakan secara bebas untuk mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.

E-GMP juga memiliki keamanan yang terpasang tepat di inti platform-nya, dengan rangka baja berkekuatan sangat tinggi, memaksimalkan keselamatan semua orang di dalam mobil. Dalam situasi tabrakan, penggunaan baut khusus yang terletak di 8 titik di sekitar baterai (2 di depan dan 6 di tengah) mencegah terjadinya deformasi area kabin dan tetap menjaga keselamatan pengemudi juga penumpang.

Di samping itu, IONIQ 5 dilengkapi dengan Hyundai SmartSense, sistem bantuan pengemudi mutakhir dari Hyundai yang diciptakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan dalam berkendara. Sistem Hyundai SmartSense akan terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi. Hyundai juga memasangkan fitur Virtual Engine Sound System (VESS), yaitu sistem yang menghasilkan suara atau audio unik untuk kendaraan listrik.

IONIQ 5 terbagi dari berbagai varian yaitu IONIQ 5 Prime Standard Range, IONIQ 5 Prime Long Range, IONIQ 5 Signature Standard Range, dan IONIQ 5 Signature Long Range.

Tersedia dengan lima pilihan warna eksterior, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte. Sedangkan untuk warna interior, hanya tersedia dalam warna Black 1-tone.

 

Share.

Leave A Reply